Fakta Menarik Perang Korea Selatan – Korea Utara

Fakta Menarik Perang Korea Selatan – Korea Utara

Permasalahan antara Republik rakyat Demokratik Korea (Korea Utara) dan Republik Korea (Korea Selatan) di mana setidaknya 2,5 juta orang kehilangan nyawa. Perang mencapai proporsi internasional di bulan Juni 1950 ketika Korea Utara, yang dipasok serta disarankan oleh Uni Soviet, menyerbu Selatan. liga Bangsa-Bangsa, dengan Amerika serikat sebagai peserta primer, bergabung pada perang di pihak Korea Selatan, serta Republik warga Cina tiba membantu Korea Utara. Sehabis lebih dari satu juta korban pertempuran telah menderita di kedua belah pihak, pertempuran berakhir di Juli 1953 dengan Korea masih terbagi menjadi dua negara yang bermusuhan. Perundingan pada tahun 1954 tidak membentuk https://vannfamilydental.com/ kesepakatan lebih lanjut, serta garis depan telah diterima sejak ketika itu sebagai batas de facto antara Korea Utara dan Selatan.

Fakta Menarik Perang Korea Selatan – Korea Utara

Revolusi, Perpecahan, Dan Perang Partisan, 1945–50

Perang Korea berawal langsung berasal runtuhnya kekaisaran Jepang di akhir Perang dunia II pada bulan September 1945. tidak seperti Cina, Manchuria, dan bekas koloni Barat yang direbut sang Jepang di tahun 1941–42, Korea, yg dianeksasi ke Jepang Dari tahun 1910 , tidak memiliki pemerintah orisinil atau rezim kolonial yg menunggu untuk kembali selesainya permusuhan berhenti. Sebagian besar penuntut kekuasaan adalah orang-orang buangan yang tergesa-gesa pada Cina, Manchuria, Jepang, Uni Soviet, dan Amerika perkumpulan. Mereka jatuh ke pada dua kategori akbar. Yang pertama terdiri dari kaum revolusioner Marxis yang berkomitmen yg telah memerangi Jepang menjadi bagian berasal tentara gerilya yang didominasi Cina pada Manchuria dan Cina. salah satu berasal orang-orang buangan ini artinya seorang pemimpin gerilya mungil akan tetapi sukses bernama Kim Il-sung, yang sudah mendapatkan beberapa pembinaan di Rusia serta diangkat menjadi mayor di tentara Soviet.

Gerakan nasionalis Korea lainnya, yg tidak kalah revolusioner, menerima wangsit asal ilmu pengetahuan, pendidikan, serta industrialisme terbaik pada Eropa, Jepang, dan Amerika. Ini “ultranasionalis” terpecah sebagai faksi-faksi saingan, keliru satunya berpusat pada Syngman Rhee, dididik di Amerika serikat serta di suatu saat presiden Pemerintah sementara pembangkang Korea di pengasingan.

Dalam upaya tergesa-gesa mereka buat melucuti senjata tentara Jepang serta memulangkan penduduk Jepang di Korea (diperkirakan 700.000), Amerika perkumpulan serta Uni Soviet sepakat di Agustus 1945 buat membagi negara buat tujuan administratif di paralel ke-38 (lintang 38° N) . Setidaknya berasal sudut pandang Amerika, pembagian geografis ini artinya tindakan sementara; namun, Soviet memulai pemerintahan teror yg berumur pendek di Korea utara yg dengan cepat mempolitisasi perpecahan menggunakan mendorong ribuan pengungsi ke selatan. kedua belah pihak tidak dapat menyepakati formula yang akan membentuk Korea manunggal, serta di tahun 1947 Presiden AS Harry S. Truman membujuk liga Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memikul tanggung jawab atas negara tersebut, meskipun Alaihi Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>